Senin, 23 Januari 2023

Setting IP Address Static Melalui PowerShell Di Windows 11

PowerShell adalah sebuah shell yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk melakukan automatisasi dan konfigurasi pada sistem operasi Windows. PowerShell menyediakan command-line interface yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah-perintah yang sama seperti yang dilakukan melalui GUI (Graphical User Interface). Selain itu, PowerShell juga memungkinkan pengguna untuk menulis script yang dapat digunakan untuk menjalankan tugas-tugas yang berulang secara otomatis.

PowerShell memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan Command Prompt. PowerShell menyediakan kapabilitas yang lebih kuat dalam hal automatisasi dan manajemen konfigurasi. Selain itu, PowerShell juga menyediakan kemampuan untuk mengakses WMI (Windows Management Instrumentation) dan .NET Framework, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengelola informasi sistem yang lebih detail. PowerShell juga dapat digunakan untuk mengakses dan mengelola lingkungan jaringan, seperti Active Directory, Exchange, dan lainnya.


Untuk mengatur IP address statis melalui PowerShell di Windows, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka PowerShell dengan cara menekan tombol Windows + X, lalu pilih "Windows PowerShell (Admin)"
  2. Ketik perintah "Get-NetAdapter" untuk melihat daftar adapter jaringan yang terpasang pada komputer Anda dan pastikan yang ingin di setting
  3. Untuk mengatur IP address statis, gunakan perintah "New-NetIPAddress" dengan parameter yang diperlukan. Misalnya, jika ingin mengatur alamat IP "192.168.1.100" dengan subnet mask "255.255.255.0" dan gateway "192.168.1.1" pada adapter jaringan "Ethernet", maka gunakan perintah berikut:
New-NetIPAddress -InterfaceIndex (Get-NetAdapter -Name Ethernet).ifIndex -IPAddress 192.168.1.100 -PrefixLength 24 -DefaultGateway 192.168.1.1
  1. Jika ingin menambahkan DNS server, gunakan perintah "Set-DNSClientServerAddress" dengan parameter yang diperlukan. Misalnya, jika ingin menambahkan DNS server "8.8.8.8" dan "8.8.4.4" pada adapter jaringan "Ethernet", maka gunakan perintah berikut:
Set-DNSClientServerAddress -InterfaceIndex (Get-NetAdapter -Name Ethernet).ifIndex -ServerAddresses "8.8.8.8","8.8.4.4"
  1. Perintah di atas akan mengubah pengaturan IP address secara permanen. Jika ingin mengembalikan pengaturan ke kondisi sebelumnya, Anda dapat menggunakan perintah "Remove-NetIPAddress" dan "Reset-DNSClientServerAddress"

Perhatikan bahwa alamat IP yang Anda pilih harus sesuai dengan jaringan Anda dan tidak digunakan oleh perangkat lain. Juga pastikan Anda mengetahui alamat gateway dan DNS server yang digunakan oleh jaringan Anda sebelum mengatur IP address secara statis. Jika Anda melakukan kesalahan dalam perintah, Anda dapat menggunakan perintah "Get-NetIPAddress" untuk melihat pengaturan IP address saat ini.

Untuk mempermudah kalian saat setting, berikut saya buatkan tutorial videonya.

Silahkan simak di channel youtube saya berikut ini :

Channel youtube : https://www.youtube.com/@ontachannel/




1 komentar: