Selasa, 25 Juli 2023

Setting Password PhpMyadmin Step by Step Di Windows 10

Untuk mengatur password pada phpMyAdmin di Windows 10, Anda harus mengikuti beberapa langkah berikut:

Catatan: Pastikan Anda sudah menginstal phpMyAdmin sebelumnya. Jika belum, Anda perlu menginstalnya terlebih dahulu.

1. Buka XAMPP Control Panel:

Pastikan Anda sudah menginstal XAMPP pada Windows 10. Jalankan XAMPP Control Panel melalui Start Menu atau melalui direktori instalasi XAMPP.

2. Start Apache dan MySQL:

Pastikan layanan Apache dan MySQL sudah dijalankan. Anda akan melihat lampu hijau di sebelah kiri nama layanan ketika mereka sudah berjalan.

3. Akses phpMyAdmin:

Buka browser web dan masukkan alamat http://localhost/phpmyadmin atau http://127.0.0.1/phpmyadmin. Halaman login phpMyAdmin akan muncul.

4. Login ke phpMyAdmin:

Pada langkah ini, Anda harus login ke phpMyAdmin dengan menggunakan akun root MySQL. Biasanya, username adalah "root" dan passwordnya kosong jika belum diatur.

5. Buka tab "User accounts" atau "Pengguna":

Setelah berhasil login ke phpMyAdmin, pilih tab "User accounts" atau "Pengguna" untuk melihat dan mengelola akun pengguna MySQL.

6. Tambahkan password untuk akun "root":

Temukan akun "root" dalam daftar pengguna dan klik pada tombol "Edit privileges" atau "Sunting hak akses" yang ada di sebelah kanan.

7. Atur password baru:

Di halaman berikutnya, Anda akan menemukan opsi untuk mengatur password baru. Pilih "Use text field" atau "Gunakan bidang teks" untuk memasukkan password secara manual. Kemudian masukkan password yang diinginkan.

8. Simpan perubahan:

Setelah Anda mengatur password baru, klik tombol "Go" atau "Ok" untuk menyimpan perubahan.

9. Restart MySQL:

Setelah mengatur password baru, Anda harus me-restart layanan MySQL. Lakukan ini melalui XAMPP Control Panel dengan menghentikan dan kemudian memulai kembali MySQL.

10. Tes koneksi:

Setelah me-restart MySQL, pastikan Anda dapat masuk ke phpMyAdmin dengan menggunakan password baru yang sudah Anda atur.

Sekarang, password untuk akun "root" MySQL di phpMyAdmin sudah diatur. Pastikan Anda mengingat password tersebut dengan baik karena akan menjadi kunci akses ke database Anda. Selain itu, pastikan juga untuk menjaga keamanan komputer Anda dengan mengamankan password dan membatasi akses ke area sensitif seperti XAMPP dan phpMyAdmin.

Nah, untuk ,e,permudah teman teman saat setting, silahkan simak tutorial videonya berikut ini :

Channel youtube : https://youtu.be/Q6QjjJdtFJA



0 comments:

Posting Komentar